PARE 4.0 WE ARE FAMILY


Bismillahirahmanirahim..
Assalamualaikum Wr.Wb semoga yang baca tulisan ini dipanjangkan umurnya, dimudahkan segala urusannya, di sehatkan badannya. Bila sakit di angkat penyakitnya, bila galau di senangkan sama pacarnya biar ga galau, dan bila jomblo yaudah derita lu yaak hehhee

Tepat 1 tahun lebih dari pare part 3.5 udah lama ga ngelanjutin, doain yaa manteman masih inget sama kisah saat di pare. Oiya karena ini juga udah setahun lebih mohon maaf nih semisal gaya tulisan rada berubah, yaa maklum yee umur udah nambah makin tua, masa tulisan mo gitu gitu aje, ane kan mo jadi orang bener. Wokayyy lets biasakeun ngomong alus lah. Doain lagi nihhh mau ngetik pake aku kamu hehehhehe...
Minggu lupa tanggalnya kalo ga salah bulannya agustus tahun 2016, liburan minggu ke 2 telah tiba. Yaitu dimana liburan yang ditunggu tunggu bagi pelajar kursus di pare, oiya liburannya kalo ga salah itu 2-5 hari (mohon dikoreksi karena penulis udah mulai lupa hehe). Jadi saat liburan ke 2 tiba aku bingung nih mau kemana, maklum saat itu pas disono kebetulan dan sangat sangat sekaliiiii kebetulan gue jomss hehhee. Yaa kalo si dinda sama mas ade emang udah planning mau ke malang, lah gue? Apaatuh. Yaudah jadinya gue liburan sama temen di camp aja.
Ada panda, alim, moya, fitri, titim,gmel dan fauziah. Kami ber ber ber memang sengaja atau tak disengaja mungkin untuk liburan ke 2 ini ngga kemana mana. Di liburan ke 2 ini kami hanya berfokus untuk rehat sejenak semenjak hasil nilai woww woww (maklum ulangan nya tuh tiap 2 minggu sekali).
Minggu pagi, di jam 3.40 kurang lebih alim bangunin aku, panda, fitri (dinda gadiajak, habis dia liburan ga ngajak-ngajak sih wlee :P) untuk prepare sholat subuh berjamaah.Setelah selesai solat berjamaah biasanya kami ada morning class tetapi karena ini holiday kami pun bingung harus bagaimana, jadi aku langsung aja “jogging yuk, siapa yang mau ikut?” tanya aku kepada mereka.
Lalu fitri menjawab “engga win kamu aja”.
Dan ga lama alim juga ikutan menjawab “aku juga engga win, mau nyuci”.  
“oh yaudah oke oke, nda ayo jogging?” sahut aku.
“yaudah ayo, tapi aku ga bawa sepatu” jawab panda.
“yaudah gapapa, jogging bisa pake sendal atau nanti bisa nyeker kok” jawab aku.
sahut panda “yaudah ayok aku siap-siap dulu”.
Setelah itu kami pun jogging, aku yang di temenin panda jogging melewati jl anyelir lalu menuju jl.Brawijaya (jl.raya). kami sengaja memilih jogging ke jl brawijaya, karena aku sambil sekalian aja lari sampe pasar (kali aja nemuin makanan yang aku impikan di pare part 3 heheh).
Kurang lebih sekitaran 10 menit kami berlari, lalu tak lama panda mengeluh
“aduhh win aku cape, jalan aja yu”
dan aku jawab “ihh kamu gimana sih kuk? Baru juga sampe sini masa udah cape” (kuk itu adalah... panjang kalo di ceritain intinyamah panggilan sayang aku ke panda, always loving you pokonamah. Kuk)
“ihh beneran aku cape,bodo aku jalan aja” dumel panda (dengan raut wajah kesel)
Dan aku? Yaa aku “yaudah iya jalan aja” (padahal hhhh sebelll gue lagi semangat-semangat 45 nya lariii tbtb hfft jalan juga)
Sahut panda “yaudah kamu kalo mau lari lari aja duluan, ntar aku nyusul”
Dan gue menjawab “engga ah kuk, aku takut. Tibatiba ada anjingg aja siapa yang nolongin, lagian udah cape juga nihh udah engep”
“nah yaudah” panda.
“eh kuk kita sampe plang perbatasan itu aja yaa, gausah sampe pasar” aku.
“ihh siapa juga yang mau sampe pasar, jauhhh males aku” jawab panda.
“yaa kali aja mau wujud in rasa kangen aku sama masakan rumah, kita beli apa kek di pasar” sahut aku.
“aku ga bawa uang lhoo win, kita kan niat mau jogging aja” jawab panda.
“iyeee” *dan tak lama aku melihat ke arah pertigaan perbatasan itu ada bapak-bapak jual sayur menggunakan mobil losbak*
“kukkkk, kukkk liat deh ituuuu” (aku sambil nunjukin kedepan)
“iya liat apaaan” sahut panda.
“lhoo ituu ada bapak-bapak jual sayurr” aku.
“ihh kan aku bilang, aku ga bawa uang lho win” jawab panda.
“udahhh tenang aja, nihh (10000 aku tunjukin ke panda) bisa ga ya beli sayur sama ikan asin?” tanya aku
“bisa kayanya, coba aja kamu” sahut panda.
“kukk kalo misalkan penjualnya ngomong pake bahasa jawa, kamu aja ya yang ngomong, aku ra ngerti too hehe” (akupun sambil senyum)
“iyoo yowiss, kamu pilih gihh mau masak sayur apa?” tanya panda.

Lalu aku memilih-milih sayuran, sayuran yang pertama kali aku ambil adalah jagung. Karena kalo mau membuat sayur asem pasti ada jagungnya. “kuk aku mau masak sayur asem, pake jagung dan ikan asin” sahut aku pe panda.
Lalu tak lama panda pun menanyakan kepada penjualnya tentang keberadaan sayur asem dan ikan asin.
“pae ene sayur asem karo iwak peyek” tanya panda. (kurang lebih seperti itu karena panda nanya nya pake bahasa jawa, jadi aku sedikit lupa. Intinya menanyakan sayur asem dan ikan asin).
“ene” (bapak-bapaknya sambil bungkusin sayur asem buat kami).
Pas lagi bungkus-bungkusin aku melihat ada kejadian aneh, lalu segeralah aku berbisik kepada panda.
“kuk, kok sayur asem nya pake kangkung sih? Kamu tadi bilang nya apa?” tanya aku.
“aku bilangnya sayur asem ko, tuhh liat itu ikan asin nya” jawab panda.
“ihh sayur asem mah ga pake kangkungggg, itu namanya sayur kangkung” sahut aku.
“sayur asem disini ya emang begini, emang sayur asem di rumahmu gimana?” tanya panda
“gaa ginii, ahh udahlah kamu bayar dulu, kayanya udh selesai tuh” jawab aku.
Akhirnya panda mulai membayar belanjaan sayur asem,ikan asin, dan jagung dengan seharga habis 8 ribu rupiah, dan masih sisa kembalian 2 ribu. Daripada pusing-pusing aku ambil aja kerupuk putih seharga 2 ribu.
Well, akhirnya belanja minggu kami sebesar 10 ribu rupiah selesai juga, aku dan panda segera bergegas menuju camp. Selama di perjalanan kami saling bercerita, take a picture dan tukar pikiran mengenai apa yang menjadi kebiasaan kami dirumah (sekalian ngobatin rasa homesick) hehhee...

Akhirnya, tibalah kami di camp. Disambut hangat oleh alim.
“ehh kalian kemana aja, lama banget joggingnya” tanya alim.
“iyanih sihhh winaa, minta belanja dulu” jawab panda.
“limm kamuu nanti tolong masakin, aku udah beli sayur asem, ikan asin sama jagung. Oiyaa ini nih kerupuk buat makan siang kita nanti bareng-bareng” sahut aku
“oh yowess sini tak siangin dulu” alim.
Setelah pulang jogging dan menyerahkan sayur asem ikan asin ke alim akhirnya aku memutuskan untuk masak air, dan sebelum sampai kamar mandi aku bertemu titim dan gmel.
“ehhh nantii siang kamuu jangan ada yang beli makan siang yaa, soalnya aku udah beli sayur. Nanti kamu belii nasi nya aja, kita masak disiniii” (masak di camp maksudnya lauknya)
“wihhh enak enak, yaudah aku setujuu nanti kita orang beli nasii dan tempe buat makan bersame “ *kurang lebih seperti itu logat titim yang sekarang sudah menjadi ibu kota daerahnya.
“nah yaudah, biar rame aku mau ke lantai atas dulu ngabarin si moya biar kita makan samasama” jawab aku.
“oh yaudah oke win” sahut titim.
“iya win” sahut gmel.

Akupun naik tangga dan sesampainya didepan kamar moya.
“moyaaa moyaa.....” teriak aku
“apah winaaa?” *dengan nada suara khas yang lembut
“moy, nanti siang kita makan sama sama yaa, makan sayur asem. Kamu suka kan?” aku.
“oh yaudah, sama siapa aja win?” tanya moya
“aku,panda,alim,titim,gmel, dan kamu baru segitu aja sih yang mau join” jawab aku.
“oh yaudah, eh kamu kok bawa bawa panci, naha atuh?” tanya moya
“oh iya nih moy, aku mau minta air di galon kamu” jawab aku.
“buat apaa?” tanya moya
“buat masak sayur asem moy, soalnya aku ga sreg aja airnya buat makan pake air kamar mandi” sahut aku.
“oh yaudah gapapa, sokk atuh ambil aja airnya digalon” moya.

Setelah masak air, mencuci sayur asem, jagung dan ikan asin sampai bersih. Akhirnya ada celetukan begini.
“pake sambel kahh?” titim tanya.
Kamipun semua diam sejenak terhening dan sambil berifikir (cabe darimana ya, ini aja 10 ribu pas pas an) akhirnya aku pun mencari ke tempat bumbu bumbu.. dan ga lama ketemu lah cabai.
“pake timm pake sambel nih, baru aja ketemu cabenya” sahut aku.
“cabe siapa ini kamu ambil?” tanya panda.
“gatauu, paling cabe anak2 yang kemaren nge camp disini. Yaudahlah mintaa mintaa yaa cabenya” sahut aku.
“oiya garem gada nih” tanya alim.
“coba aja lim kamu cari di sekitaran dibawah kompor situ, tadi wina nemuin cabe” sahut panda.
“oh iya nih ketemu, minta mintaaaa yaa garem nyahehhee” alim.
“kukk kamu ulekin nih cabenya, daritadi kan kamu sensian mulu. Kayanya pas nih kalo lu yang ngulek” sahut aku.
“yaudah sini mana” (sambil meminta cabe yang mau di ulek)

Setelah semua masakan matang, kira kira di jam 11.05 perut kamipun mulai kruyuk kruyuk..
“ehh masakan udah mateng nih, nasinya mana?” tanya aku
“ehh iyaaa, yaudah aku sama fauziah beli nasi duluuu” jawab titim.
“oke segera yaa, mumpung sayurnya masih anget nih” sahut alim.

5 menit....
          10 menit....
                             20 menit....
Akhirnya nasinya dateng juga...
“lama banget, kemana aja kita nungguin daritadi” tanya aku.
“maaf yaa temen-temen lamaa, soalnya di warung *JJhDAE* lama tadi ngantri banyak yang beli” jawab titim.
“ohh yaudah ayo ayo buka nasinya” sahut gmel.
Panda yang dari tadi masih ngulek-ulek sambel segera terhenti saat nasi sudah dibuka...
“ehh ayo ayoo semua makan. Moyaa moyy,, alim.. titim... fauziahh.. kukkk. Gmell ayo makan” aku
“baca doa dulu” moya.
“oh iya berdoa dulu” alim.
...... berdoa dimulai. *doa makan*
Selesai,

Ayoo makan temen temen.... cobain yaa sayur asem buatan alim..
Sambel buatan panda....

“mungkin kalo tiap hari begini kita pasti hemat nih, apalagi makan bersama” *titim memulai pembicaraan sambil menyantap sayur asem
“iya bener banget” sahut gmel
“sebenernya ini ide siapa masak masak ini?” tanya fauziah.
“ohh ini sebenernya aku lagi rindu rumah aja, dari kemaren kepengen makan sayur asem. Cuma ga ketemu ketemu, nah sekalinya ketemu liat deh. Aneh kan sayur asemnya” jawab aku
“aneh gimana?” tanya alim
“yaa aneh ini lim, masa sayur asem pake kangkung, udah gtu asemnya pake belimbing lagi bukanya asem yang coklat coklat ituu” sahut aku.
“yaa memang gitu sayur asem disini toh, pasti ngiranya malahan jadi sayur jagung kan temen2 yang lain (cz to much corn more than sayur asem) alim.
“iyasih aku baru tau aja, tapi gapapa. Rinduku tentang sayur asem ikan asin udah terobati ko. Ditambah lagi dapet ulekan spesial dari mba kota batu, matur suwun yoo kuk. Makasih loh pagi-pagi udah mau nemenin aku jogging dan belanja pula hehhee” jawab aku.
“iyaa gapapa, makasih juga win. Kita jadi bisa kumpul makan bareng-bareng” sahut panda.
“iyaa makasih, semoga seterusnya kita bisa terus makan sama sama” fauziah

Aamiin...

Gitu aja guys untuk ceritaku hari ini di pare 4.0
Sampai bertemu di cerita pare 4.5 yaaaa.

Oiya sebenernya itu, di pare 3.75 an lah aku pagi-pagi diajak sarapan sama moya di sebuah warung, nah sebenernya aku itu gamau makan. Lalu aku hanya memesan 1 susu coklat hangat, tetapi karena si moya makan jadi gaenak deh, yaudah aku ikutan makan aja. Setelah makan nasi ku habiskan, aku melirik kesamping (OMG masih ada susu coklat yang belum keminum) langsung segera susu coklat di gelas kecil tak aduk-aduk..
Sambil bilang ke moya “ moy sebenernya aku kenyang banget lho, tapi sayang kalo ga diminum mubazir” aku.
“yaudah gpp win minum aja sedikit”moya.
*langsung aja aku minum setelah itu aku aduk-aduk susu lagi  dan aku menemukan sesuatu seperti ada butiran butiran (bukan butiran debu yaaa)
“moyyy ini susu nya coklat kan ya?” tanya aku
“iya coklat ini teh win, tuhh liat warna nya aja coklat” jawab moya.
“ehh engga maksud aku tuh aneh lho, nihh liat nih (sambil nunjukin gelas ke moya) masa ada gula pasirnya” aku
“ehh iyaa tuh daa, udah kamu minum?” tanya moya
“udahhh baru sedikit, udahan ahh masih pagi aku takut mulessss” aku
“ihh iya udahan ajaa, nanti perut kamu melilittt aja” moya

Pembicaraan belum mencapai 5 menit, perutku sudah melilit..
“moyy, ayo buru balik kita ke camp” aku
“kenapa atuh buru-buru” tanya moya
“aduhh udah pokoknya ayooo” sahut aku *sambil nahan mules*
“yaudah bentar aku bayar dulu” moya
“iya cepetan, aku tunggu diluar” aku

Di perjalanan karena kita jalan kaki, aku memutuskan untuk jalan agak cepat. Dan sesampainya di camp
“moyyy nih kunci kamarku, kamu buka aja pintunya” aku
“kamu mau kemana?” tanya moya dengan polosnya
“aku mules, bhayyy” wina.

Oke kali ini sekian dari wina, mohon maaf jika penulisan ada yang salah maupun ada yang missing. Kritik dan saran yang membangun sangat diperlukan.
Wassalamualaikum WR.WB
                             18/9/19 1:45 WIB

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PARE 4.5 KEMBALI KE MASA-MASA LAGI

SENSOR PADA ALAT USG